Yang terbaik dari Dua Dunia

Coating PVD ASSAB

Penggunaan material AHSS (Advanced High-Strength Steel/ Baja Mutakhir Berkekuatan Tinggi) telah meningkat secara signifikan pada rangka unit bodi mobil yang belum dicat (Body In White) Oleh karena itu, dari perspektif perkakas (tooling), permintaan akan baja perkakas yang lebih baik juga telah berkembang pesat.

Sebagian besar baja perkakas konvensional dan baja kecepatan tinggi (HSS) mungkin dapat memenuhi karakteristik yang dibutuhkan, misalnya ketahanan aus yang tinggi dengan ketahanan chipping (gumpil) yang rendah. Hal ini akan menyebabkan tingginya resiko kerusakan pada perkakas (tool) karena beban siklik yang tinggi pada saat mengerjakan jenis baja berkekuatan lebih tinggi. Karakteristik sifat material yang jauh lebih tinggi diperlukan untuk menjamin produktivitas yang tinggi dan umur pakai perkakas yang terprediksi Solusi yang lebih baik untuk aplikasi AHSS ini seringkali adalah baja perkakas dengan performa tinggi yang dikombinasikan dengan coating PVD.

Saat memilih kombinasi baja perkakas dan coating PVD untuk aplikasi pekerjaan dingin, ada empat faktor penting yang harus dipertimbangkan:

1. Jenis Kerusakan

2. Kualitas Perkakas (Tooling)

Area aktif pada perkakas harus halus dan bebas dari korosi dan lapisan putih (jejak EDM) untuk mencapai performa terbaiknya.

3. Pemilihan Baja Perkakas dan Jenis Coating

4. Perlakuan Panas

Yang paling penting adalah memanaskan (tempering) baja pada suhu yang lebih tinggi daripada suhu proses coating dan suhu area austenit-sisa.

Informasi lainnya, klik di sini sini untuk mengunduh brosur.