Ekstrusi Dingin (Logam)

Pemilihan baja yang tepat untuk aplikasi terutama tergantung pada jenis, kekuatan, ketebalan, dan geometri materi kerja. Mekanisme kegagalan yang paling kritis adalah keausan perekat, galling, retak, keausan abrasif, dan deformasi plastik. Dalam ekstrusi dingin, sebuah pukulan memberikan tekanan pada potongan logam dan menyebabkannya mengalir secara terkendali ke arah yang diperlukan.

Mekanisme kegagalan pada perkakas cold work

Karena beban siklus mekanis dan sliding contact antara materi kerja dan permukaan perkakas, permukaan aktif perkakas akan mengalami kerusakan. Kehancuran perkakas ini cepat atau lambat akan menyebabkan masalah mutu pada komponen yang dibentuk (akibat toleransi atau kualitas permukaan yang buruk). Setelahnya, perkakas harus ditukar (gagal total), reground, atau diperbaharui.

Prosedur pemeliharaan mewajibkan penghentian produksi dan hilangnya produktivitas. Oleh karena itu, perkakas yang digunakan harus mampu menghadapi berbagai jenis mekanisme kegagalan perkakas untuk mencapai produktivitas tinggi dan keekonomisan produksi. Oleh karenanya, pemilihan baja perkakas yang tepat terkait langsung dengan ketahanan atas mekanisme kegagalan perkakas yang sebenarnya untuk aplikasi.